Minggu, 23 Januari 2011

KALIBRASI RELAY





ABSTRAK

PROSEDUR KALIBRASI RELAY ARUS LEBIH TIME DELAY DAN INSTANTANEOUS MENGGUNAKAN MPRT 8430 PADA PT. PUSRI



Oleh

AFANDI

PT. Pupuk Sriwidjaja didirikan tanggal 24 Desember 1959 di Palembang, Sumatera Selatan dan merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk perseroan terbatas. Saat ini PT. Pupuk Sriwidjaja mengoperasikan empat pabrik amonia danp urea, yaitu Pusri II, III, IV, dan IB. PT.
 Tiap-tiap pabrik memiliki generator  tersendiri yang berfungsi sebagai penyuplai daya, untuk mengatasi adanya gangguan pada salah satu generator, maka ke empat generator tersebut terhubung parallel agar system kelistrikannya menjadi lebih handal. Untuk menjaga peralatan pada tiap instrument yang digunakan, maka di pasang proteksi yang diharapkan dapat menjaga keamanan tiap instrument tersebut. Sistem proteksi memiliki nilai-nilai yang harus ditentukan, seiring waktu nilai tersebut akan sedikit berubah dan diharuskan melalui proses kalibrasi agar nilai-nilai tersebut tetap seperti data awalnya dan tak berubah.
Tiap 1 pabrik melakukan overhole dalam kurun waktu 4 tahun sekali untuk menjaga generator dan peralatan lainnya dari keruskan-kerusakan yang tidak diinginkan, karena terdapat 4 pabrik maka dilakukan penjadwalan yang berkala, dimana untuk masing-masing pabrik memiliki rentang perbaikan selama 1 tahun lamanya.
Salah satu proteksi yang sangat penting dalam hal pengamanan generator terhadap bebannya adalah reley, sehingga setiap melakukan overhole reley-reley tersebut diuji kembali oleh alat kalibrasi reley yaitu MEGGER MPRT 8430.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar